Memilih benang yang baik untuk mengangkat kulit wajah

Pertama-tama kita harus benar-benar menganalisa tingkat kekenduran kulit. Banyaknya benang yang beredar dipasaran begitu sangat membinggungkan dan kadang tidak semua dokter memahaminya, karena ini metode yang baru booming dan marketing penjual yang kadang memberikan informasi berlebihan kepada dokter. jika usia masih muda (dibawah 35 tahun) dan kulit wajah bawah tidak terlalu kendur anda cukup menggunakan Benang yang polos dengan harga yang sangat terjangkau, harga berkisar 2,5 -3,5 juta (untuk 50 buah benang). anda bisa melakukan pengulangan 2-3 bulan kemudian jika hasil kurang maksimal dan 1 th kemudian dilakukan pengulangan. Jika usia anda diatas 50 tahun dan kulit sudah sangat kendur (sagging) jangan berharap menghasilkan hasil maksimal dengan hanya menggunakan Benang polos. anda harus menggunakan benang berberigi dan benang bergerigi inipun ada berbagai macam type dan merk, dan semua menjanjikan hasil yang memuaskan. Dan jam terbang dokter akan sangat menentukan mana benang bergerigi yang terbaik. beberapa merk yang ada dipasaran : Apros, Happylift, Silhouette, Spring Thread (France) dan saya kira dari semua type benang bergerigi yang terbaik adalah : Silhouette dan Spring Thread. dan banyak sekali dokter bedah yg menggunakan jika pasien tidak memungkinkan dan tidak mau dilakukan operasi (Face lift).

Saya sudah melakukan dan memperlajari beberapa type benang mulai dari Aptos, Happt lift, Revitaliz, Happy lift Achorage, Silhouette Soft, Silhoueet Lift dan Spring dan hanya 2 yg saya rekomendasikan yaitu Silhouette dan Spring, kesimpulan yg saya dapat :

Silhouete :

Kelebihan Silhouette :

  • Mengandung bahan Polypropilane, Glikolic dan polylactic acid resin -L lactic (pada cone, fungsi remodeling kollagen).
  • Cukup aman.
  • Banyak digunakan di Eropa, walaupun masuk di indo sekitar desember 2012

Kelemahan Silhouette :

  • Untuk type benang yang berwarna putih ( pada type Silhouette lift ada 2 jenis benang, Biru dan putih), sangat rapuh dan akan mudah putus jika kita menarik terlalu kuat.
  • Pada beberapa kasus pasien dengan otot yang tebal dan lemak yg tebal pada pipi, hasilnya kurang maksimal.

Spring Thread :

Saat menulis artikel ini, Spring Thread belum masuk di indonesia , tetapi saya sudah melakukan untuk beberapa pasien

Kelebihan Spring Thread :

  • Benang sangat kuat dan tidak mudah putus (karena bahan dasar silicon padat yang membuat benang mempunyai kekuatan penuh).
  • Gerigi tidak move seperti pada Silhoueete lift, sehingga tarikan akan lebih kuat.
  • Daya tahan lebih lama dibandung Silhouette.
  • Memiliki 24 cone/1cm, cone yg paling banyak dengan diameter besar untuk bisa menarik kulit secara maksimal.

Kekurangan Spring Thread :

  • Tidak sepopuler Silhouette yang sudah banyak digunakan oleh beberapa dokter di Eropa dan Amerika
  • Study klinik Spring Thread belum semapan Silhouette

Untuk melakukan tindakan : Tarik benang Bergerigi (Silhouette Lift dan Spring left) butuh ketrampilan yang cukup karena jauh lebih sulit dari pada melakukan Thread lift dengan benang polos.
Jika kemampuan kurang, ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi seperti : Asimetris wajah (wajah yang tidak simetris) adanya Dimple (akibat tarikan benang yg tidak singkron, tapi ini mudah diatasi), Abses multiple/Infeksi (dokter harus bisa mengeluarkan benang).


Leave a Reply